Hasil yang diharapkan tercapai atau terpenuhi dari program-program di atas antara lain :
1. Terpenuhinya SKL SMP
2. Terpenuhinya standar isi
3. Terpenuhinya standar proses
4. Terpenuhinya standar tenaga pendidik dan kependidikan
5. Terpenuhinya sarana dan prasarana
6. Terpenuhinya standar pengelolaan
7. Terpenuhinya keuangan dan pembiayaan yang memadai
8. Terpenuhinya standar penilaian
9. Terciptanya lingkungan yang mendukung pembelajaran
Kamis, 22 Juli 2010
PROGRAM STRATEGIS
1. Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan:
a. Peningkatan prestasi bidang akademik
b. Peningkatan prestasi bidang non akademik
c. Peningkatan jumlah kelulusan
d. Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi
2. Pemenuhan Standar Isi:
a. Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
b. Pengembangan silabus
c. Pengembangan RPP
3. Pemenuhan Standar Proses:
a. Pemenuhan persiapan pembelajaran
b. Pemenuhan persyaratan pembelajaran
c. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
d. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
4. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
a. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
b. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
c. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya
5. Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
a. Pemenuhan sarana dan prasarana minimal
b. Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
c. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian
d. Pengadaan taman dilingkungan sekolah
6. Pemenuhan Standar Pengelolaan:
a. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
c. Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d. Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
e. Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
f. Pengembangan SIM sekolah
7. Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan:
a. Peningkatan sumber dana pendidikan
b. Pengembangan pengalokasian dana
c. Pengembangan penggunaan dana
d. Peningkatan pelaporan penggunaan dana
e. Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
8. Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
a. Peningkatan frekuensi ulangan harian
b. Peningkatan pelaksanaan Ulangan Tengah Semester
c. Pengembangan materi Ulangan Akhir Semester
d. Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e. Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f. Pengembangan instruman ulangan harian
g. Pengembangan variasi instrumen ulangan akhir semester
h. Pengembangan variasi instrumen ulangan kenaikan kelas
i. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
j. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
9. Pengembangan Budaya dan lingkungan sekolah
a. Pengembangan budaya bersih.
b. Pengembangan budaya disiplin.
c. Penciptaan budaya tata krama “ in action”
d. Penciptaan tamanisasi.
e. Pengembangan lomba-lomba kebersihan.
a. Peningkatan prestasi bidang akademik
b. Peningkatan prestasi bidang non akademik
c. Peningkatan jumlah kelulusan
d. Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi
2. Pemenuhan Standar Isi:
a. Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
b. Pengembangan silabus
c. Pengembangan RPP
3. Pemenuhan Standar Proses:
a. Pemenuhan persiapan pembelajaran
b. Pemenuhan persyaratan pembelajaran
c. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
d. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
4. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
a. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
b. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
c. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya
5. Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
a. Pemenuhan sarana dan prasarana minimal
b. Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
c. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian
d. Pengadaan taman dilingkungan sekolah
6. Pemenuhan Standar Pengelolaan:
a. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
c. Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d. Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
e. Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
f. Pengembangan SIM sekolah
7. Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan:
a. Peningkatan sumber dana pendidikan
b. Pengembangan pengalokasian dana
c. Pengembangan penggunaan dana
d. Peningkatan pelaporan penggunaan dana
e. Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
8. Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
a. Peningkatan frekuensi ulangan harian
b. Peningkatan pelaksanaan Ulangan Tengah Semester
c. Pengembangan materi Ulangan Akhir Semester
d. Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e. Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f. Pengembangan instruman ulangan harian
g. Pengembangan variasi instrumen ulangan akhir semester
h. Pengembangan variasi instrumen ulangan kenaikan kelas
i. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
j. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
9. Pengembangan Budaya dan lingkungan sekolah
a. Pengembangan budaya bersih.
b. Pengembangan budaya disiplin.
c. Penciptaan budaya tata krama “ in action”
d. Penciptaan tamanisasi.
e. Pengembangan lomba-lomba kebersihan.
TUJUAN SITUASIONAL/ SASARAN
1. Meningkatkan input rata-rata NEM SD dari 5,02 menjadi 5,50.
2. Meningkatkan rata-rata pencapaian KKM semua mapel dari 6,90 menjadi 7,00
3. Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUN dari 6,96 menjadi 7,01
4. Meningkatkan Persentase kelulusan dari 97,40% menjadi 100%
5. Mempertahankan dan meningkatkan perolehan jumlah kejuaraan bidang akademis 5 jenis pada tingkat kabupaten
6. Mempertahankan dan meningkatkan perolehan jumlah kejuaraan bidang Non-akademis 4 jenis pada tingkat kabupaten
7. Meningkatkan Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakter/kepribadian siswa.
8. Meningkatkan Strategi dalam pengembangan kurikulum.
9. Meningkatkan Program pengembangan Diri dan ektrakurikuler dengan melibatkan pihak lain yang ahli dalam pelaksanaan pengembangan Diri dan ektrakurikuler.
10. Tersusunnya dokumen SK dan KD untuk semua mata pelajaran SNP dan muatan lokal tahun pelajaran 2010/2011.
11. Meningkatkan pengembangan penugasan terstruktur dan tidak tersetruktur bagi peserta didik.
12. Tersusunnya Buku KTSP dokumen I dan II tahun pelajaran 2010/2011
13. Kepemilikan bahan ajar dan media pembelajaran oleh guru yang bervariatif.
14. Meningkatkan Penerapan CTL dan PAIKEM dari 83 % menjadi 100 %.
15. Meningkatkan penerapan PBM yang menggunakan ICT dari 69 % menjadi 100 %.
16. Terselenggaranya klinik Pembelajaran
17. Adanya Guru Pamong untuk tiap-tiap siswa
18. Kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi serta tindak lanjut monev minimal 2 kali/tahun
19. Meningkatnya keaktifan MGMP sekolah menjadi 80%
20. Meningkatnya pengetahuan guru tentang team teaching
21. Peningkatan guru yang melakukan PTK 69 %
22. Peningkatan guru menguasai komputer dan internet 93 %
23. Peningkatan TU menguasai komputer dan internet 83 %
24. Peningkatan kemampuan pustakawan dalam pengembangan perpustakaan sekolah 80 %.
25. Meningkatkan fasilitas pendukung sarana prasarana
26. Memiliki Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) untuk sekolah standar nasional
27. Memiliki tim khusus untuk kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi
28. Meningkatkan pengelolaan informasi manajemen sekolah menggunakan SIM sekolah.
29. Meningkatkan pemberdayaan Komite Sekolah
30. Meningkatkan Pengolahan/analisis hasil penilaian berbasis TIK.
31. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penilaian.
32. Meningkatkan budaya bersih dan sehat, serta budaya sosial
2. Meningkatkan rata-rata pencapaian KKM semua mapel dari 6,90 menjadi 7,00
3. Meningkatkan Rata-rata pencapaian NUN dari 6,96 menjadi 7,01
4. Meningkatkan Persentase kelulusan dari 97,40% menjadi 100%
5. Mempertahankan dan meningkatkan perolehan jumlah kejuaraan bidang akademis 5 jenis pada tingkat kabupaten
6. Mempertahankan dan meningkatkan perolehan jumlah kejuaraan bidang Non-akademis 4 jenis pada tingkat kabupaten
7. Meningkatkan Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakter/kepribadian siswa.
8. Meningkatkan Strategi dalam pengembangan kurikulum.
9. Meningkatkan Program pengembangan Diri dan ektrakurikuler dengan melibatkan pihak lain yang ahli dalam pelaksanaan pengembangan Diri dan ektrakurikuler.
10. Tersusunnya dokumen SK dan KD untuk semua mata pelajaran SNP dan muatan lokal tahun pelajaran 2010/2011.
11. Meningkatkan pengembangan penugasan terstruktur dan tidak tersetruktur bagi peserta didik.
12. Tersusunnya Buku KTSP dokumen I dan II tahun pelajaran 2010/2011
13. Kepemilikan bahan ajar dan media pembelajaran oleh guru yang bervariatif.
14. Meningkatkan Penerapan CTL dan PAIKEM dari 83 % menjadi 100 %.
15. Meningkatkan penerapan PBM yang menggunakan ICT dari 69 % menjadi 100 %.
16. Terselenggaranya klinik Pembelajaran
17. Adanya Guru Pamong untuk tiap-tiap siswa
18. Kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi serta tindak lanjut monev minimal 2 kali/tahun
19. Meningkatnya keaktifan MGMP sekolah menjadi 80%
20. Meningkatnya pengetahuan guru tentang team teaching
21. Peningkatan guru yang melakukan PTK 69 %
22. Peningkatan guru menguasai komputer dan internet 93 %
23. Peningkatan TU menguasai komputer dan internet 83 %
24. Peningkatan kemampuan pustakawan dalam pengembangan perpustakaan sekolah 80 %.
25. Meningkatkan fasilitas pendukung sarana prasarana
26. Memiliki Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) untuk sekolah standar nasional
27. Memiliki tim khusus untuk kegiatan supervisi, monitoring dan evaluasi
28. Meningkatkan pengelolaan informasi manajemen sekolah menggunakan SIM sekolah.
29. Meningkatkan pemberdayaan Komite Sekolah
30. Meningkatkan Pengolahan/analisis hasil penilaian berbasis TIK.
31. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penilaian.
32. Meningkatkan budaya bersih dan sehat, serta budaya sosial
TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN
Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang maka tujuan yang akan dicapai selama 4 tahun mendatang adalah :
Pada akhir tahun pelajaran 2011/ 2012 :
1. Meningkatnya nilai rata-rata akademis dan peningkatan prestasi akademis sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
2. Meningkatnya prestasi non akademis sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
3. Tersusunnya KTSP dan perangkat-perangkat pembelajaran
4. Terlaksananya KBM yang parsitipatif, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan.
5. Terwujudnya pelaksanaan dan pengembangan penilaian berstandar nasional
6. Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan berkwalitas yang mampu melaksanakan dan mengembangkan 8 standar nasional pendidikan
7. Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran standar nasional
8. Terwujudnya MBS secara optimal.
9. Terkelolanya sumber dana secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
10. Terwujudnya lingkungan yang asri yang dapat memotivasi dan menunjang pembelajaran.
Pada akhir tahun pelajaran 2011/ 2012 :
1. Meningkatnya nilai rata-rata akademis dan peningkatan prestasi akademis sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
2. Meningkatnya prestasi non akademis sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
3. Tersusunnya KTSP dan perangkat-perangkat pembelajaran
4. Terlaksananya KBM yang parsitipatif, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan.
5. Terwujudnya pelaksanaan dan pengembangan penilaian berstandar nasional
6. Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan berkwalitas yang mampu melaksanakan dan mengembangkan 8 standar nasional pendidikan
7. Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran standar nasional
8. Terwujudnya MBS secara optimal.
9. Terkelolanya sumber dana secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
10. Terwujudnya lingkungan yang asri yang dapat memotivasi dan menunjang pembelajaran.
MISI SEKOLAH
a. Mewujudkan mutu lulusan yang mampu berkiprah dalam lingkungan masyarakatnya
b. Mewujudkan keunggulan dalam prestasi akademik dan non akademik
c. Mewujudkan kelengkapan perangkat kurikulum dan pengembangannya
d. Mewujudkan kualitas proses pembelajaran sesuai SNP
e. Mewujudkan pendidik dan tenaga pendidikan yang berkualitas
f. Mewujudkan kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan
g. Mewujudkan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah
h. Mewujudkan penggalangan pembeayaan pendidikan dari berbagai sumber
i. Mewujudkan kualitas sistem penilaian sesuai SNP
j. Mewujudkan lingkungan yang memotivasi dan mendukung pembelajaran
k. Mewujudkan peningkatan keimanan dan pengamalannya
b. Mewujudkan keunggulan dalam prestasi akademik dan non akademik
c. Mewujudkan kelengkapan perangkat kurikulum dan pengembangannya
d. Mewujudkan kualitas proses pembelajaran sesuai SNP
e. Mewujudkan pendidik dan tenaga pendidikan yang berkualitas
f. Mewujudkan kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan
g. Mewujudkan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah
h. Mewujudkan penggalangan pembeayaan pendidikan dari berbagai sumber
i. Mewujudkan kualitas sistem penilaian sesuai SNP
j. Mewujudkan lingkungan yang memotivasi dan mendukung pembelajaran
k. Mewujudkan peningkatan keimanan dan pengamalannya
VISI SEKOLAH
“ UNGGUL DALAM PRESTASI, TELADAN DALAM IMAN & TAQWA DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN“
Indikator pencapaian Visi:
a. Terwujudnya mutu lulusan yang mampu berkiprah dalam lingkungan masyarakatnya
b. Terwujudnya keunggulan dalam prestasi akademik dan non akademik
c. Terwujudnya kelengkapan perangkat kurikulum dan pengembangannya
d. Terwujudnya kualitas proses pembelajaran sesuai SNP
e. Terwujudnya pendidik dan tenaga pendidikan yang berkualitas
f. Terwujudnya kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan
g. Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah
h. Terwujudnya penggalangan pembeayaan pendidikan dari berbagai sumber
i. Terwujudnya kualitas sistem penilaian sesuai SNP
j. Terwujudnya lingkungan yang memotivasi dan mendukung pembelajaran
k. Terwujudnya peningkatan keimanan dan pengamalannya
Indikator pencapaian Visi:
a. Terwujudnya mutu lulusan yang mampu berkiprah dalam lingkungan masyarakatnya
b. Terwujudnya keunggulan dalam prestasi akademik dan non akademik
c. Terwujudnya kelengkapan perangkat kurikulum dan pengembangannya
d. Terwujudnya kualitas proses pembelajaran sesuai SNP
e. Terwujudnya pendidik dan tenaga pendidikan yang berkualitas
f. Terwujudnya kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan
g. Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah
h. Terwujudnya penggalangan pembeayaan pendidikan dari berbagai sumber
i. Terwujudnya kualitas sistem penilaian sesuai SNP
j. Terwujudnya lingkungan yang memotivasi dan mendukung pembelajaran
k. Terwujudnya peningkatan keimanan dan pengamalannya
Langganan:
Postingan (Atom)